Selasa, 11 Agustus 2015

SEDIH ATAU SENANG



TANYA HATI NURANI

Jika aku dapat nilai bagus dari hasil menyontek ?
Harusnya aku malu dan tidak pamer nilai.

Jika aku pasang nomor dan menang banyak?
Harusnya aku bagikan pada orang-orang miskin, bukan berfoya-foya. Karena harta itu adalah hasil judi. dan kita tau, bahwa judi itu dilarang.

Jika aku melihat temanku punya pacar banyak?
Harusnya aku sedih, karena tidak ada kesetiaan. Bukannya menyebut dia "hebat".

Jika suami/istriku sering memberi keluarganya uang?
Harusnya aku senang, karena dia menyayangi keluarganya.

Jika teman mengajak dugem dan menikmati hiburan malam ?
Harusnya aku sedih, dan tak ikut. Karena itu merusak mental dan imanku.

Jika istriku memasak/berbelanja makanan terlalu banyak untuk dimakan?
Harusnya aku senang, karena ia memperhatikan kesehatan keluarga. Kalaupun ada kelebihan makanan, bolehlah diberikan pada orang yang kurang.

Jika temanku sering sekali memberiku bingkisan ?
Harusnya aku sedih, karena lebih baik bingkisan itu diberikan pada orang lain yang kekurangan.

Jika temanku menjadi simpanan pejabat kaya?
Harusnya aku sedih, walaupun ia jadi kaya. Karena perselingkuhan dengan alasan apapun adalah menyakitkan juga dilarang oleh hukum dan agama.

Jika suamiku terlalu mengekangku ?
Harusnya aku senang, karena lebih baik jika istri tunduk pada suami , serta hidup dalam keluarga secara sederhana dan tidak neko-neko.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar